Hewan Maskot Kota Amuntai

3 06 2008

Amuntai merupakan ibu kota dari Kabupaten Hulu Sungai Utara . Salah satu kabupaten di provinsi KAL-SEL.

Semua kota mempunyai keunikan dan kekhasan nya sendiri, begitu pula dengan kota amuntai ini.

Dikota ini terdapat fauna( binatang) khas, yaitu “itik mamar” ( di kenal dengan sebutan itik alabio) dan ”Kerbau Rawa”.

Kedua binatang ini dijadikan maskot kota amuntai, bahkan di kota amuntai terdapat dua ekor patung itik yang sangat besar dan dua ekor patung kerbau.

Itik

Pada umumnya orang mengenal itik alabio, yang sebenarnya sentral penetasan dan peternakannya terdapat didesa mamar. Desa ini terletak sekitar 5 Km dari kota Amuntai. Dimana didesa ini mayoritas masyarakatnya beternak itik dan menetaskan telur itik. Dalam satu bulan ratusan ribu anak itik ditetaskan didesa ini, untuk selanjutnya dipasarkan. Adapun sebutan itik alabio karena tempat pemasaran utamanya terdapat di alabio kecamatan Sungai Pandan.

Itik mamar sudah merambah pasar nasional, bibit-bibit itik ini dipasarkan sampai keluar provinsi kalimantan selatan. Harga itik dipatok dari besarnya permintaan , perbandingan antara itik jantan dengan itik betina sangat jauh , dimana harga itik betina mencapai 300% sampai 400% lebih mahal dari itik jantan.

Adapun cara penetasan nya ada dua cara:

1. dengan cara menggunakan mesin dengan panas lampu yang sudah otomatis.

2. dengan cara tradisional, yaitu menggunakan peti atau yang disebut dengan “Barunjung”, yang dilapisi dengan sekam padi.


Satu lagi kalau kita berkunjung kekota ini. Yaitu jangan lupa untukmenyantap itik panggang . Itik panggang merupakan makanan favorit dikota ini. Tidak jarang orang dari luar kota berkunjung ketempat ini hanya unuk menyantap itik panggang kahs kota amuntai. Walaupun didaerah lain terdapat rumah makan yang menyediakan itik panggang, namun rasa itik panggang kota amuntai lebih lezat dan nikmat, harganya pun tidak terlalu merogoh kocek kita dalam-dalam.

Kerbau Rawa

Ada lagi fauna khas kota ini, yaitu “ Kerbau Rawa”,atau dengan sebutan masyarakat setempat dikenal dengan sebutan “Hadangan”.

Disebut kerbau rawa karena daerah peternakan dan pemeliharaannya didaerah rawa ( Perairan). Hampir 80% wilayah Amuntai adalah lahan rawa.

Tempat peternakan terbesar kerbau rawa ini terdapat di kecamatan Danau Panggang, sekitar 25 Km dari kota amuntai. Di kecamatan ini terdapat beberapa desa peternak kerbau rawa, diantaranya desa sapala dan ambahai .

Jumlah kerbau yang diternakkan berjumlah puluhan sampai ratusan ekor, melebihi dari jumlah penduduk disatu desa tersebut.

Kerbau – kerbau dilepas dari kandanganya dari pagi hari .

Kerbau-kerbau dilepas tanpa tali ikatan dilehernya, dengan kata lain dilepas bebas. Tapi tentu saja dengan pengawasan gembala gembalanya. Pengembala kerbau menggunakan sampan ( jukung ).

Pada sore hari kerbau-kerbau tersebut di bawa kembali kekandangnya oleh para gembala tadi.

Kandang pada masyarakat setempat dikenal dengan sebutan “ Kalang”

Kandang / Kalang terbuat dari balok-balok kayu ulin yang disusun-susun dan ditanjapkan ketanah, pada malam hari kerbau tidur dikandang tanpa ada atap perlindungan yang memadai,kerbau termasuk hewan yang tahan terhadap cuaca dingin, dikarenakan mungkin karena kulit kerbau yang tebal.

Nah, demikian tulisan dari saya, semoga bermanfaat. Selamat berkunjyng ke kota amuntai.

Salam.

Ramanu_Borneo


Aksi

Information

40 tanggapan

28 06 2008
Raharjanto Atmaji

minta pencerahan tentang pembuatan alat penetas telurnya gak. TQ

Alat penetas ada 2 macam , dengan cara tradisional ( menggunakan peti yang diisi dengan sekam padi) dan dengan cara yang lebih modern ( peti dengan alat listrik, menggunakan panas lampu) tapi saya minta maaf mas, soalnya tata cara pembuatan alat penetasnya tidak bisa saya kasih tau, soalnya saya sendiri tidak dikasih tau, katanya itu rahasia perusahaan ( mungkin ada royaltinya kali, he,he,he ) tp untk lebih jelasnya sekali -kali jalan – jalan aja ke kalimantan ya. makasih..

30 01 2009
oellah

sblum’y thanks dah bantu pemkab tuk promosi daerah
tp klo bisa lengkapi dengan lengkapi dengan peta’y dunk
klo perlu gambar email za
gw krj d,humas setda hsu
sampean org mana
kita’y asli org amt

Iya pak… sama-sama. Ulun asli orang Bertaqwa juga. Tinggal di desa ( wong deso pak) sentral penetasan itik. Ntar ulun perbarui postingan dengan peta amuntai…. Dan makasih dah berkunjung ke blog ulun…

Salam Kenal,

31 01 2009
eko

pak, saya pingin coba beternak itik alabio.. ada yang bisa bantu ga???

31 01 2009
eko

oh iya saya di balikpapan… gimana cara mendapatkan itik ini untuk diternakkan

Untuk jelasnya, mas datang aja ke Kal-sel, tepatnya ke kota Amuntai dan tepatnya lagi di desa MAMAR( desa sentral penetasan / pembibitan itik alabio). Nanti disini ada aja orang yag mau mengajari mas, dengan kata lain langsung ke lapangan aja, biar lebih mudah dan lebih paham.
Di balik papan itu mas, banyak orang amuntai yang berdagang, nah mas sambil nanya aja, siapa tau di antara warga amuntai tsb ada yg berpengalaman dalam hal peternakan itik mamar / itik alabio..
thank’s

25 02 2009
hidayat

Dimana bisa beli telur itik alabio untuk ditetaskan? Apakah melayani pengiriman antar pulau? Terima kasih

Untuk membelinya , mas bisa datang ke kalimantan selatan, tepatnya di kabupaten hulu sungai Utara, ( sekitar 185Km dari Banjramasin ) tepatnya lagi di desa “MAMAR”( desa penghasil itik). Untuk penjualan antar pulau , rasanya bisa aja mas, jangankan telurnya, bibit itiknya saja biasanya warga di kampung peternakan itu melakukan pengiriman antar pulau… Kalai mas serius, nanti bisa konfirmasi saya lagi.. Kebetulan saya tinggal di deso, tepat di sentral ITIK ALABIO…
Perlu ,as ketahui , bahwa nama albio adalah nama desa/pasar dimana orang-orang menjual itik dan telur, sedangkan penghasil itik itu sendiri berada di desa mamar.
Trims’

24 03 2009
surya

Tolong, tampilkan gmbr kandang itik Alabio, sebagai bhn masukan untuk peternak lain
Trims

4 04 2009
dwi

mantaf. ilmu seperti ini yang dibutuhkan oleh petani.
cayo petani indonesia

Maklum,,,,keturunan petani…. ckakakakakkkk…
dak umpat mandangani bahuma kah,, he,he,he

18 09 2009
Bagas

Pak bisa minta no hp nya g insya allah saya ingin beternak itik alabio alamat saya di klaten, jawa tengah pengiriman dod gmn bpk bisa bantu g. Thank

26 09 2009
Ramanu

untuk jelasnya bisa konfirmasi ke email saya:
myself.r34@gmail.com

26 09 2009
Ramanu

# bagas #
untuk jelasnya bisa konfirmasi ke email saya:
myself.r34@gmail.com

1 10 2009
yanor

woui kawan unda baisi blog..mantap pulang…

1 10 2009
romy

mantap kwn nah…punya jiwa sosial yg tinggi…..

6 10 2009
Ramanu

Yanor /romy : # makasih,.mnt dukungan nya aja dangsnak ae..

28 10 2009
Nana

Untuk membelinya , bisa datang ke kalimantan selatan, tepatnya di kabupaten hulu sungai Utara, ( sekitar 185Km dari Banjramasin ) tepatnya lagi di desa “MAMAR”
(desa penghasil itik).

Boss, kalo boleh tahu alamat dan contact person yang bisa dihubungi….??? di desa “MAWAR” Terima kasih

10 12 2009
sholihin anwar

saya dari daerah Pati Jateng..saya jg buka usaha penetasan telur bebek..tp saya masih kesulitan dengan pemasaran..bagaimana agar saya selanjutnya tdak merasa kesulitan lagi..adakah tmpat yang sekiranya bisa membantu saya dalam memasarkan bebek?..trima kasih

10 12 2009
Romy

Beh…. kirimi no HP kam pang man….!!! ke FB ku

9 01 2010
zainuddin mastudin

ulun handak manukar itik alabio bibit unggul sekitar 500 ikung nang siap handak bahintalo berapang haraga saikongnya wayahiniti tank”banget ya ? kalu bisa misscall ulun di 0812-5761-4123

20 01 2010
Nanda

Saya ingin beternak bebek alabio. bisa bantu saya mendapatkanya??bisa kasih info harga terupdate, dod, bayah, ongkos kirim? lewat udara atau kapal?bisa minta contact personnya. Terima kasih pak, saya tunggu infonya. semoga bisa berkelanjutan.

31 01 2010
muhan

mo tanya dong untuk alamat produsen pembibitan itik alabio
ya klo bisa sekalian harganya yah . . . . .

tolong di reply ke email ku yach

4 02 2010
ramanu

Mahameru ; Tanks info / link nya. Salam kenal dan sukses truss..
kumi ; Hmmmmm… mang betul masss…..Tuh virus creweet abis….
Rohmani ; Sama – sama, dan keburu di posting mas, jadi orang dah pada tau kode rahasia ( umum ) nya, he,he, tidak salahnya kan kita untuk berbagi dengan sesama umat dimuka bumi ini ( ho.ho.ho )

zainuddin : untuk jelasnya, sampian datangi haja ka kampung nya, di desa Mamar, Kecamatan Amuntai selatan, disitu Centralnya Bro ai, Oke….

M@XGNET : Wah, ga ada lagi Bro.. tp, kalo ada yang tau, post koment nya disini yah..

real_black : Makasih banyak tuk infonya,,, salam kenal..

Sality mania : wah, dari namanya , takut kena sality lagi nih, he,he, Betul juga tuh,,, andai ja harga hardisk murah, misalnya 2 seringgit gitu, he,he,he

azzafati : maka piring,panci,rinjing pun akan tarabangan.. Waspadalah !!!!!
agus nurhadi : gimana ?? dah berhasil? Goog Luck.
Upin – ipin : Dari pengalaman, tidak ada pengaruh pin, biasa pake GSM di kios-kios aja.
shubit : coba dulu pake modus nokia, kalo mau aja, biasanya juga bisa konek internetnya
eko prayogi ; bisa juga tuh..
Romy : hanyar buka Blog nah, lawas banar vakum, kena kukirimi…
Yahya : coba disini mas..
eza ; betul betul betul..
Syaiful : makasih infonya, tanks juga dah beilang ke blog saya, saya di Hulu Sungai..
SupriBagelen : Sorry, lama ga buka blog mas, setau aku bisa aja, coba otak atik di pengaturan konfigurasinya, tp itu tergantung GSM yang mas pakai, mas pakai nya Operator apa ?

22 03 2010
nathan BASYIR

pak…
saya mau beli bibit itik alabio nya: TAPI PLEASE..jangan bilang datang aja ke MAMAR…kan jauuuuh n mahal tuh…
lagian kan teknologi dah maju…pengiriman via udara cepat dan mudah…transfer jg mudah…so rasanya mestinya ongkos ke mamar bisa di konversi jadi bibit lagi…
gmn ada ga kontak produsen yang bisa saya hubungi..
kontak saya di 0815 8694 9223

30 03 2010
suci

bang klo boleh kasi informasi cara pemesanan bibit bebek albio nya dong….. kontak person juga ga pa-pa

29 07 2010
Salman

ooy bagi ilmu menetaskan telurnya dong

14 02 2011
syarif van java

mas gimana cara mendapatkan bibit itik alabio,.saya rencana mau ternak itik alabio utk oetelur,.mhon kirim dan info kan alamat lengkap tempat penjualan bibit itik alabio,.kalo bs no kontak ponselnya,.biar kita bs hubungi utk lebih jelasnya,.mkasih mas sebelumnya atas infonya,.ditunggu ne,.

8 03 2011
Maximan

Bos…. Brp harga DOD Alabio jenis petelur (betina) & jantan? tq infonya. and kira-kira brapa harganya kalau terima ditempat (Kaltim – Bpn). Ini no. HPku nih bos 0813 500 428 23…. sms a/ mc aja nanti sy call balik. Tq semua bantuannya

28 04 2011
yassir

kebetulan saya berminat untuk beternak itik alabio kalo boleh tau dimana bisa saya dapatkan DODnya dan berapa harga DOD betina/jantan terima dimakassar. cont..085 341 664 297.thank”s

13 09 2011
radenpekik@yahoo.com

terimakasih atas beberapa tulisan saudara/i dalam blog ini. cukup membantu saya dalam proses editing atlas tematik kabupaten hulu sungai utara yang sedang saya kerjakan.

salam kenal
pekik_editorial PT Intan Pariwara (Klaten, Jawa Tenga)

1 02 2012
ade irawan

saya berminat untuk membudidayakan itik alabio di daerah cianjur, mohon di informasikan harga DOD betina & jantan pengiriman sapai di tempat, ini alamat email saya (agathor.adef@gmail.com + 081389169994/085797123336). Terimakasih

7 02 2012
Fauzi banjar

Kangen pengen makan itik panggang amuntai

27 05 2012
sulaiman

saya berminat membudidayakan bebek alabio di medan….tolong di informasikan harga DOD betina…pengiriman ke medan…berapa harganya sampai di medan dan minimal pembelian berapa ekor…Email : man_hattan02@yahoo.com

8 06 2012
firman

saya minat ternak bebek alabio,mohon info harga dod betina dan jantan sampe ke balikpapan email ke ale4ndro@yahoo.com atau sms ke 0821 55 846 033

2 10 2012
lingerie

Whenever you do purchase, aim for comfort more than sexiness.
Absolutely, which red corset may look hot on your own lady.
However, that’s only if in case she’s in fact going to use it.
Trust me personally in this, unless it’s some type of specialized occasion (and just how often do those in fact happen) she will not wear it if it’s difficult to place on or extremely uncomfortable.
More importantly, should you decide render it seem like you expect her to,
she’s at some point going to concern whether you care about this girl. The best bet will be buy something she can make use of since typical sleep wear; such as a nightshirt or perhaps silk pajamas. This way, she’s likely to
dress in them than keep them within the dresser drawer.

22 11 2012
pasifo98

Reblogged this on amrillmartapuraa.

12 01 2013
living room furniture

Wonderful, what a webpage it is! This website provides valuable information to us, keep it up.

25 01 2013
super bowl scores

Hi there, just became alert to your blog through Google, and
found that it’s really informative. I am going to watch out for brussels. I’ll be grateful if
you continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing.
Cheers!

31 01 2013
ramanu

Makasih…

4 02 2013
ieyand

lun ieyand dr martapura
no tlpon yg jual itik nya boleh minta lah mas ???
ulun lg mencari anak itik nah.
tolong kirim ke 081348170001

makasih mas.

26 03 2013
Fajri_217

mantap blognya…
mudhan pian dpt pahala mnyabarakan keindahan Amuntai,heee

26 03 2013
Fajri_217

Pian bkaluarga kah lawan Bp Ismid guru d SDN Jumba 1

16 07 2013
ramanu

lawas kada buka blog….

ieyan = hub ke email yan, jajarpitu@ymail.com

fajri= wan guru ismid parak rumah, ada ja pang takait kaluarga. sampiyan urang mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: